MENGENAL
MACROMEDIA FLASH 8
Kali
ini Forin akan sedikit mengenalkan macromedia flash 8, bagi sobat
yang pengen tau fungsi-fungsi dari menu macromedia flash 8 ini.
TUJUAN
Setelah
mengikuti kegiatan
belajar ini, Anda diharapkan dapat menyebutkan:
- cara membuka program macromedia Flash 8, dan
- bagian-bagian jendela kerja macromedia Flash 8
URAIAN
MATERI
Macromedia
Flash 8, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi
berbasis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil.
Awalnya software ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau
aplikasi berbasis internet (online). Tetapi pada perkembangannya
banyak digunakan untuk membuat animasi atau aplikasi yang bukan
berbasis internet (offline). Dengan Actionscript 2.0 yang dibawanya,
Flash 8 dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar
seperti kuis atau simulasi. Contoh dari game atau bahan ajar dapat
Anda lihat di www.e-dukasi.net
atau pada Pesona Edukasi.
Dari
pengalaman penulis menjadi juri di Lomba Pengembangan Bahan Ajar
Interaktif untuk SMA yang diadakan oleh Depdiknas, banyak karya bagus
yang dibuat oleh peserta (guru) dengan menggunakan software Flash 8.
Penggunaan
Flash 8 untuk animasi atau pembuatan bahan ajar interaktif tidaklah
sulit, tool-tool yang tersedia cukup mudah digunakan, beberapa
template dan component juga sudah disediakan siap digunakan.
Dengan
anggapan sotfware Flash 8 telah terinstal pada komputer yang Anda
gunakan, berikut ini langkah awal untuk mengenal penggunaan Flash 8.
- Cara Membuka
Untuk
membuka program Macromedia Flash 8 Anda dapat melakukan cara berikut:
- Pilih Start > Program > Macromedia > Flash 8
Atau
- Pilih Ikon Flash 8 pada dekstop (Layar monitor).
Beberapa
saat akan muncul jendela dialog seperti berikut.
Pilih
Create New > Flash
Document untuk
memulai membuat file baru.
Pilih
Open a Recent New >
Open untuk membuka
file flash.
B. Mengenal
Jendela Kerja
1. Mengenal
Menu Dasar
Berikut
merupakan tampilan standar jendela kerja Flash 8, saat Anda memulai
membuat file baru.
Jendela
kerja Flash 8 terdiri atas :
- Menubar
Berisi
kumpulan menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash 8.
- Toolbar
Toolbar
merupakan panel berisi berbagai macam tool. Tool-tool tersebut
dikelompokkan menjadi empat kelompok: Tools;
berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar, View;
untuk mengatur tampilan lembar kerja, Colors;
menentukan warna yang dipakai saat mengedit, Option;
alat bantu lain untuk mengedit gambar.
Tool
|
Nama
|
Fungsi
|
Shortcut
|
Selection Tool |
Memilih dan
memindahkan objek |
V
|
|
Subselection
Tool |
Mengubah
bentuk objek dengan edit points |
A
|
|
Free
Transform
Tool |
Mengubah
ukuran atau memutar bentuk objek sesuai keinginan |
Q
|
|
Gradient
Transform Tool |
Mengubah warna
gradasi |
F
|
|
Line Tool |
Membuat garis |
N
|
|
Lasso Tool |
Menyeleksi
bagian objek yang akan diedit |
L
|
|
Pen Tool |
Membuat
bentuk objek secara bebas berupa dengan titik-titik sebagai
penghubung |
P
|
|
Text Tool |
Membuat
teks (kata atau kalimat) |
T
|
|
Oval Tool |
Membuat objek
elips atau lingkaran |
O
|
|
Ractangle Tool |
Membuat
objek berbentuk segi empat
atau
segi banyak |
R
|
|
Pencil Tool |
Menggambar
objek secara bebas |
Y
|
|
Brush Tool |
Menggambar
objek secara bebas dengan
ukuran
ketebalan dan bentuk yang sudah
disediakan |
B
|
|
Ink Bottle
Tool |
Memberi warna
garis tepi (outline) |
S
|
|
Paint Bucket
Tool |
Memberi
warna pada objek secara bebas |
K
|
|
Eyedropper
Tool |
Mengambil
contoh warna |
I
|
|
Eraser Tool |
Menghapus
objek |
E
|
|
Hand Tool |
Menggeser
stage |
H
|
|
Zoom Tool |
Memperbesar
atau memperkecil objek |
M
atau Z
|
|
Stroke Color |
Memberi warna
pada garis/garis tepi |
|
|
Fill Color |
Memberi
warna pada pada objek |
|
|
Option
tool |
Mengatur
fungsi tambahan dari tool yang sedang aktif |
|
- Timeline
Timeline
atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur
atau
mengontrol
jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer
digunakan untuk
menempatkan
satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek
lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk
mengatur kecepatan animasi. Semakin
panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
- Stage
Stage
disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan
objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat
gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.
- Panel
Beberapa
panel penting dalam Macromedia Flash 8 diantaranya panel: Properties,
Filters & Parameters, Actions, Library, Color dan Align &
Info & Transform.
Tampilan Panel
Action Script
Tampilan Panel
Color
- Properties
Panel
Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana
yang sedang diaktifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool,
maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk
mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna
garis.
- Library
Panel
Library mempunyai fungsi sebagai perpustakaan simbol/media yang
digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol
merupakan kumpulan gambar baik movie,
tombol (button),
sound, dan gambar statis (graphic).
2. Document
Properties
Fungsi
Document
Properties
adalah untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background,
framerate,
dan dimensi dari animasi yang akan dibuat.
Untuk
memanggil kotak dialog Document
Properties,
pilih jendela Properties
di bawah layar, kemudian pilih tombol Size.
smentara postingan ini belum ane sempurnakan jadi mohon tunggu perbaharuan selanjutnya .....
0 komentar "Mengenal Macromedia Flash 8", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar
| Berkomentarlah dengan Sopan dan baik
| kritik dan saran anda sangat membantu perkembangan blog ini
| Tinggalkan jejak anda dengan menambahkan komentar anda
TERIMAKASIH